Saturday 14 July 2012

The Spiderman vs The Amazing Spiderman


Akhirnya senin kemarin kesampaian juga nonton Spiderman 4. Memang sebenarnya kurang pas juga dikatakan Spiderman 4 soalnya jalan ceritanya memang tidak melanjutkan dari Spiderman terdahulu garapan Sam Raimi. Ceritanya sendiri merupakan reboot alias mengulang dari awal. Namun tetap saja ada yang berbeda dari film pendahulunya, selain tokoh pemerannya juga dari ceritanya terdapat sedikit modifikasi.

THE AMAZING SPIDERMAN (Marc Webb) dan SPIDERMAN (Sam Raimi)
Tobey Maguire
Andrew Garfield
Spiderman garapan Marc Webb ini tetap menceritakan tokoh Peter Parker yang menjadi Spiderman,
bedanya, kalo spiderman yang lama adalah Tobey Maguire sedangkan yang baru karakter yang memerankan adalah Andrew Garfield. Tokoh Peter Parker sendiri dalam film ini terkesan lebih berani dibanding film Spiderman pendahulunya. Ia tetap pemalu tetapi tidak selugu Peter Parker pada film yang lama. Kemudian, alasan yang mendasari Peter Parker mau menjadi spiderman pada film kali ini adalah karena ingin mencari pembunuh pamannya, sedangkan pada film yang lama seperti kita ketahui adalah disebabkan keinginannya mencari uang untuk membeli mobil demi menyenangkan pujaan hatinya (MJ). Jika pada spiderman yang lama Peter Parker bisa menghasilkan benang laba-laba sendiri, tidak demikian pada spiderman yang baru, ia harus memakai semacam alat yang menempel di tangannya untuk menghasilkan benang laba-laba.

Di sekolah ia menjadi bulan-bulanan oleh Thompson, tokoh yang satu ini memang tidak muncul di film yang lama, namun jika dilihat dari sejarahnya, Thompson nantinya akan jadi tokoh penting (mungkin pada seri berikutnya) yaitu sebagai Flash Thompson, tokoh yang dalam seri originalnya akan menjadi sahabat sekaligus rival Spiderman itu sendiri.

Pada film spiderman yang lama, orang tua Peter Parker tidak pernah diceritakan peran dan latar belakangnya, sejak Spiderman 1 hingga spiderman 3 Peter Parker sudah berada dalam asuhan paman dan bibinya. Pada film Spiderman kali ini orang tua Peter Parker dimunculkan, meskipun hanya pada awal-awal film. Diceritakan bahwa kedua orang tua Peter Parker adalah seorang ilmuwan yang menyelidiki genetika laba-laba untuk dijadikan obat. Ayahnya (Richard Parker) adalah seorang ilmuwan genius yang bekerja dibawah naungan Orborn Corporation. Kemudian pada saat penelitian tersebut menjadi berbahaya, mereka menitipkan Peter Parker yang masih kecil kepada Ben Parker dan May. Orang tua Peter akhirnya meninggal karena kecelakaan pesawat dan Peter dirawat oleh paman dan bibinya (Ben dan May).

Perbedaan berikutnya ada pada idola dan kekasih Peter Parker, jika pada film sebelumnya penonton akrab dengan tokoh Mary Jane Wattson atau MJ yang diperankan oleh Kirsten Dunst, maka pada seri kali ini ia akan berpasangan dengan Gwen Stacy yang diperankan oleh Emma Stone. Tokoh Gwen sendiri sebenarnya sudah muncul pada film Spiderman yang lama yaitu pada Spiderman 3. Namun seperti yang diketahui bahwa Gwen hanya sebagai teman sekelas Peter Parker.
Kirsten Dunst as Mary Jane

Emma Stone as Gwen Stacy

Pada musuh Spiderman kali ini, tokoh yang menjadi lawannya adalah Dr Curt Connors. Ia memerankan karakter Lizard sekaligus sebagai rekan kerja ayah Peter Parker. Pada film yang lama Dr Curt Connors muncul namun hanya menjadi dosen Parker ketika kuliah. Karakter Lizard pun sepertinya akan muncul lagi pada seri berikutnya setelah pada film Amazing Spiderman ia tidak mati dan malah bertemu dengan rekan baru yang menjadi atasannya.
Dr Curt Connors (Spiderman lama)
Dr Curt Connors (sekarang)
Lizard

Musuh lain yang kemungkinan muncul dalam film selanjutnya adalah perampok yang menembak paman Peter. Penjahat tersebut berhasil lolos dari kejaran Peter, ia hanya mengetahui bahwa pada lengannya terdapat tattoo bergambar bintang.


Dimanakah Osborn Family??
Jika pada film spiderman sebelumnya keluarga Osborn selalu ambil porsi dalam film, kali ini masih samar-samar dan disembunyikan. Memang pada film sebelumnya muncul Harry Osborn yang menjadi sahabat dekat Peter Parker sekaligus Green Goblin Jr., belum lagi ayah Harry yang menjadi pendiri Osborn Corporation menjadi musuh kuat Spiderman sebagai Green Goblin. Namun sepertinya Marc Webb sengaja merahasiakannya untuk seri selanjutnya. 
Harry Osborn as Goblin Jr

Norman Osborn as Green Goblin


Nama Osborn sendiri sempat disebut juga dalam film Spiderman baru, yaitu sebagai pihak yang mendanai penelitian yang dilakukan oleh Dr Curt Connors alias Lizard. Osborn Family membiayai penelitian Connors karena membutuhkan obat yang dapat menyembuhkan penyakitnya (belum jelas apakah yang dimaksud adalah Harry Osborn atau ayahnya). #(RH)


1 comment: