Saturday 28 July 2012

Batman (Christopher Nolan)


Sudah pernah nonton film Batman versi garapan Christoper Nolan?? Well yeah, film Batman garapan Nolan memang sedikit berbeda dari film superhero umumnya.


Film-film superhero macam Superman, Spiderman, Hulk, Thor, dll selalu menceritakan tokoh yang punya kekuatan super atau diatas normalnya manusia. Namun berbeda dengan Batman, ia hanya mengandalkan peralatan buatan perusahaannya plus strategi. Peralatan yang digunakan pun juga tidak sekhayal yang digunakan Iron Man.

Nah, Christopher Nolan tampaknya juga tidak mau merubah image Batman ketika ia setuju menukangi seri terbaru Batman. Nolan yang sebelumnya sudah berhasil lewat film film macam Shutter Island, Memento, serta Inception memang terkenal dengan alur film yang panjang dan gelap. Hal ini ia coba munculkan lagi dalam film Batman.

Pada seri Batman pertama berjudul Batman Begins (2005), Nolan tampaknya ingin menghidupkan kembali kisah Batman mulai dari awal. Diceritakan bahwa yang menjadi Batman yaitu milyarder muda bernama Bruce Wayne (Christian Bale). Wayne yang masih kecil merupakan putra dari seorang tokoh masyarakat pemilik Wayne Enterprise, sebuah perusahaan raksasa penghasil senjata perang. Suatu ketika orang tuanya terbunuh di depan matanya dalam suatu aksi perampokan. Wayne yang tidak bisa berbuat apa-apa berjanji akan menuntut balas dikemudian hari.

Semenjak kedua orang tuanya meninggal, wayne mulai menyadari bahwa kota Gotham tempatnya tinggal, telah berubah menjadi kota yang berjalan dibawah penyalahgunaan kekuasaan. Gotham dipenuhi dengan korupsi, suap-menyuap, jual-beli hukum, dan kesenjangan ekonomi yang tinggi. Dari kondisi tersebutlah Wayne memutuskan untuk hidup di dunia kriminal. Sekembalinya ia dari kehidupan keras tersebut, Wayne berubah menjadi sosok yang kuat dank eras. Ia mendapatkan identitas sebagai Batman dan memutuskan mencari sumber permasalahan di kotanya yang dikendalikan Raas Al’Gul.

Seri kedua Batman berjudul The Dark Knight (2009), Batman yang sudah dikenal sebagai ksatria hitam kota Gotham, mendapatkan lawan seimbang, Joker. Joker (Heath Ledger) adalah seorang psikopat yang memiliki ambisi untuk membawa kota Gotham kedalam keterpurukan. Selain Joker muncul pula seorang pengacara bernama Harvey Dent (Aaron Eckhart). Harvey Dent lebih dikenal sebagai ksatria putih Gotham karena keberaniannya memerangi korupsi di Gotham tanpa menutupi identitas.


Kembali ke jalan cerita, Harvey Dent, Batman, dan kepala polisi Gordon memutuskan untuk bekerjasama menuntaskan permasalahan kota Gotham dengan menguak sindikat mafia hukum. Namun Joker ternyata bukan lawan yang bisa dianggap enteng, kejeniusannya setara dengan Wayne. Ia mampu mengendalikan sindikat kejahatan dengan mengumpulkan semua pejabat dan kriminal menjadi satu untuk melawan Batman. Lewat sebuah rencananya, ia berhasil membuat Harvey Dent dari ksatria putih Gotham menjadi seorang kriminal. Batman yang tidak ingin kehilangan kepercayaan warga kota Gotham terhadap Harvey Dent, memutuskan untuk mengalihkan semua kejahatan Harvey Dent ke dalam dirinya. Ia juga merancang skenario bahwa Dent tewas karena perbuatannya dengan resiko warga Gotham akan membenci Batman. Intinya seri kedua Batman akan berakhir dengan sad ending.

Batman The Dark Knight Rises (2012), dan inilah karya terbaru Nolan untuk Batman. Rilis pada bulan Juli 2012, film Batman langsung mendapat respons positif dari penikmat film. Bahkan dalam seminggu penayangannya langsung menggeser Ice Age 4 dan Amazing Spiderman.

Nolan kembali mempertemukan beberapa karakter yang sebelumnya sudah bermain saat ia menyutradarai Inception, antara lain Joseph Gordon-Lewitt, Marion Cotillard, dan Tom Hardy.

The Dark Knight Rises menceritakan kelanjutan dari The Dark Knight, ceritanya 8 tahun berlalu sejak kematian Harvey Dent. Bruce Wayne yang berhenti menjadi sosok Batman mengasingkan diri di kediamannya bersama pembantu setia keluarga, Alfred. Kondisi Gotham sudah banyak berubah dengan diberlakukannya Hukum Dent.

Tak lama kemudian, muncul sindikat kejahatan bawah tanah yang dipimpin Bane (Tom Hardy), mantan anak asuh Raas Al Ghul (Guru Wayne). Bane memiliki badan yang tinggi besar dan majah yang ditutup masker karena luka yang dideritanya saat muda. Suara Bane berat dan parau. Dan seperti lawan Batman sebelumnya, bukan kekuatan fisik saja yang jadi titik kunci kekuatannya tapi juga kecerdasan dalam menyusun rencana.

Bane berhasil mengalahkan Batman dan menguasai Gotham dalam waktu cukup lama. Namun bukan film superhero namanya kalau endingnya berakhir di pihak musuh. Batman berhasil merebut kembali Gotham dan mengalahkan Bane dengan susah payah, dibantu oleh Catwoman (Anne Hathaway). Endingnya akan sangat di luar dugaan, namun singkatnya, film ini berakhir happy ending.

Pada bagian akhir film, akan muncul partner Batman dalam versi originalnya, siapa lagi kalau bukan Robin. Tampaknya Nolan memang akan membuat sekuel batman berikutnya yang menampilkan Robin sebagai karakter utama diperankan oleh Joseph Gordon-Lewitt. Seri The Dark Knight Rises sendiri selain sebagai penutup bagi Batman, juga pembuka jalan bagi cerita Robin.



No comments:

Post a Comment