Sunday 15 July 2012

5 Film Tentang Kisah Orang Jenius


1.      A Beautiful Mind (2001)

Dibintangi oleh Russel Crowe sebagai John Nash, peraih Nobel bidang Ekonomi. Menceritakan tentang seorang pemuda jenius yang menderita penyakit asocial (semacam penyakit takut terhadap keramaian). Kejeniusannya terhadap matematika dimanfaatkan untuk memecahkan cryptography (pemecah kode)
selama perang, namun akhirnya setelah ia keluar dari pekerjaannya hidupnya berubah menjadi kelam karena sifat paranoid yang diidapnya mengacaukan kehidupannya. Film ini sukses di pasaran dan memenangkan 4 Oscar serta respon positif dari berbagai penonton.






2.      Flash of Genius (2008)

Menceritakan tentang Robert Kearns,  penemu alat penyapu kaca mobil yang memiliki cara kerja seperti mata manusia yang berkedip tiap beberapa detik. Hasil penemuannya tersebut diajukan kepada raksasa perusahaan mobil, Ford Company, namun ditolak. Pada akhirnya Ford Company malah menjiplak model milik Kearns dan mematenkan atas nama perusahaan tersebut. Kearns yang tidak terima menempuh berbagai macam cara dan jalur melawan Ford demi mendapatkan pengakuan paten hasil karyanya. Pada akhirnya Kearns memang berhasil mendapatkan hak paten tersebut, namun ia harus merelakan istri dan anak-anaknya yang pergi meninggalkannya karena terlalu sibuk dengan hak paten yang diperjuangkannya.



3.      Amadeus (1984)

Film ini menceritakan tentang seorang pemusik jenius dari Austria yang memiliki keterbatasan bernama Wolfgang Amadeus Mozart. Film berdurasi cukup panjang ini mengisahkan kehidupan Mozart semasa ia menciptakan karyanya, bersaing dengan rival beratnya, Antonio Salieri. Film ini berhasil memenangkan banyak penghargaan termasuk 8 Oscar pada tahun 1984.












4.      The Pianist (2002)

The Pianist bercerita tentang seorang pianis Yahudi Polandia bernama Wladyslaw Spilzman. Disutradarai oleh Roman Polanski, bersetting pada masa Nazi Jerman yang sedang berupaya memberantas Yahudi. Polandia yang juga merupakan daerah taklukan Jerman akhirnya harus mengalami berbagai macam siksaan karena mayoritas adalah bangsa Yahudi. Spilzman yang sebelumnya bekerja untuk stasiun radio akhirnya harus bertahan hidup dengan berpindah tempat. Terpisah dari orang yang dicintainya membuat Spilzman harus berjuang sendiri demi dapat bertahan hidup. Semasa persembunyiannya, ia menyaksikan kekejaman pembantaian pasukan Nazi Jerman terhadap penduduk sipil. Suatu ketika Spilzman bersembunyi di sebuah reruntuhan bangunan, di tempat tersebut ia menemukan sebuah piano tua dan memainkannya. Tanpa disadari seorang perwira perang pasukan Jerman sedang berada di tempat tersebut, terkesan dengan permainan piano Spilzman, ia akhirnya melepaskan Spilzman dan membuatnya lolos dari maut. Film The Pianist mendapatkan respon yang positif dimana ia memenangkan Oscar dan mendapat penghragaan Palme d’Or di Festival Film Cannes.


5.      Dark Matter (2007)

Dark Matter menceritakan kisah nyata tentang pelaku pembunuhan di Universitas Iowa. Berawal dari seorang mahasiswa China yang cerdas bernama Liu Xing yang mendapat beasiswa untuk melakukan penelitian di Utah, Amerika, bersama Professor Reiser, seorang ilmuwan astrologi. Suatu ketika Liu Xing menemukan sebuah teori brilian tentang materi gelap (Dark Matter) tentang asal-usul alam semesta, namun teori tersebut bertentangan dengan pendapat Professor Reiser. Tidak ingin proyek penelitiannya berantakan karena ulah mahasiswanya, Reiser memutuskan untuk menyingkirkan Liu Xing dari proyeknya. Liu Xing yang kecewa berat dan frustasi akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup Professor dan koleganya.

No comments:

Post a Comment