Saturday 28 July 2012

Mengenal "Bediding"


“Bediding” adalah istilah orang Jawa dahulu (sekarang juga masih ada) yang digunakan untuk menyebut kondisi dingin. Kondisi dingin maksudnya adalah yang ada kaitannya dengan cuaca.


Orang Jawa biasa menyebut bediding menjadi dua macam, yang pertama adalah bediding kembang dhadap, dan yang kedua adalah bediding kembang kopi.

1.      Bediding Kembang Dhadap, dalam bahasa Indonesia adalah Cuaca dingin Bunga Dhadap. Orang-orang tua biasa menyebut istilah demikian karena pada saat cuaca dingin yang melanda, bunga dhadap tampak sedang bermekaran. Entah apa kaitannya dengan bunga dhadap tersebut, yang jelas, generasi tua menganggapnya sebagai pertanda akan turun hujan dalam waktu dekat. sayangnya, sejak kecil bunga dhadap sulit untuk ditemukan (Ane hanya tau daunnya).

2.      Bediding Kembang Kopi, dalam bahasa Indonesia adalah Cuaca Dingin Bunga Kopi. Bunga kopi umumnya berwarna putih dan tumbuhan kopi biasa hidup di daerah tropis. Pada saat cuaca dingin melanda, tumbuhan kopi akan mulai mengeluarkan bunga-bunga dalam jumlah banyak, dan warnanya adalah putih susu. Nah, pada saat itulah orang-orang mulai menyebut cuaca dingin tersebut adalah bediding kembang kopi. 


No comments:

Post a Comment