Monday 9 January 2012

Fakta tentang Mata Anda


Fakta Tentang Mata Anda

1.      Jangan cemas kalau mata anda merah setelah berenang(terutama setelah berenang di kolam renang umum). Mata merah bukan karena kemasukan bakteri tetapi karena kemasukan kaporit. Air kolam biasanya diberi kaporit karena digunakan untuk membunuh kuman.

2.      Jika mata merah akibat “belekan”, jangan keburu panic dulu karena bisa diatasi dengan beristirahat total. Biasanya setelah 3 hari akan sembuh dengan sendirinya, tapi ingat penyakit semacam ini dapat menular. Jadi mereka yang tinggal bersama penderita hendaknya mencegah dengan obat tetes mata yang mengandung antibiotic.
3.      Pengaruh gelombang elektromagnetik pada layar komputer dan televisi dapat berakibat buruk pada mata. Jarak yang ideal untuk menonton televisi supaya dapat meminimalisir efek ini yaitu 7 kali lebar televisi.
4.      Kalau anda berada di depan layar komputer selama beberapa jam sehingga mata terasa pedih atau capek, sebaiknya beristirahat sekitar 10 menit. Gunakan untuk memandang objek yang jauh atau pepohonan hijau agar mata terasa segar kembali.
5.      Jika saat bangun pagi tiba-tiba mata terasa capek atau pedih, cobalah ingat-ingat apakah pada malam sebelumnya anda berada di depan layar televisi atau komputer terlalu lama. Jika iya, anda tidak perlu cemas, cukup dengan istirahat yang sukup di malam berikutnya anda akan merasa segar kembali.
6.      Kalau tiba-tiba mata sakit, berwarna merah dan terasa pedih dan tidak sembuh dalam 3 hari malah bertambah parah, segera periksakan ke dokter agar kelainan atau penyakit dapat dideteksi sedini mungkin.

No comments:

Post a Comment