Sunday 12 August 2012

Malang Tempoe Doeloe

Belum lama ini ane mendapatkan foto" dokumentasi dari seorang teman, foto" tersebut berisi dokumentasi kota Malang jaman doeloe atau masih jadul.
Awalnya lumayan sulit untuk mengenali lagi tempat" yang ada di gambar karena sudah banyak yang berubah dari pertama kali didirikan, namun, beberapa bangunan dan lokasi berhasil saya kenali dan saya bandingkan hasilnya dengan sekarang..
Dan hasilnya . . . . . . . .



1.) Yang ini adalah gambar di Alun-Alun Kota Malang gan, tahun pengambilan fotonya ane kurang tahu, tapi masih jadul banget lahh ini..



kemudian ini sekitar akhir tahun 1980an, udah banyak perubahan..


Yang di bawah adalah yang terbaru, tahun 2012...



2.) Berikutnya berlokasi di tempat yang sekarang dipakai untuk Kantor Walikota Malang saat dinas, biasa disebut dengan Balaikota Malang

Tahun 1980an...
tidak banyak perubahan, kecuali kolam taman depan yang diberi pagar

tahun 2012...


3.) Selanjutnya adalah Jembatan Kereta Api di sebelah selatan Stasiun Kota Baru Malang...

tahun 2012..

Beda jauh dengan foto sebelumnya, dulu di sekitar sungai banyak ditumbuhi pepohonan hijau sekarang sudah beralih fungsi menjadi pemukiman.

4.) Lokasi berikutnya adalah yang kita kenal sebagai Lapangan Rampal Malang. Lapangan favorit untuk olahraga yang sangat terjangkau (cuma bayar parkir kalau bawa kendaraan), ada joging track, lapangan luas untuk segala macam aktivitas, lapangan basket, lapangan tenis, dan lain-lain.


dulunya digunakan oleh kolonial belanda sebagai lapangan pacuan kuda

pada awalnya ane ragu apa ini lapangan rampal karena kondisinya yang jauh berbeda, namun setelah diamati dari posisi gunung pada bagian utara lapangan, memang benar ini lapangan rampal.
Dan ini yang sekarang (2012) ...


hanya saja gunung yang seharusnya terlihat di sebelah utara tidak berhasil di dokumentasikan karena faktor cuaca..

5.) Lokasi selanjutnya adalah di Gedung yang sekarang dikenal Gedung PLN Kota Malang. Lokasinya di pertigaan jalan Oro-Oro Dowo, terdapat Jam tiga arah yang sampai saat ini masih awet.


tahun 1980an...
tahun 2012..
beberapa bangunan sudah beralih fungsi, sebelah kanan digunakan sebagai Hotel Trio Indah dan restoran cepat saji, sedangkan sebelah kiri (gedung warna kuning) adalah PLN 

6.) Yang berikutnya adalah Gereja Katolik yang terletak di Jalan Ijen Malang.
Gereja ini sudah sangat tua karena dibangun pada masa kolonial, namun sampai sekarang kondisi bangunannya masih bagus.
Pada masa awal pendirian
Setelah berdiri

1980an
sekarang (2012)
Perbedaan yang mencolok terlihat pada Patung/tugu pahlawan di depan gereja 

7.) Yang terakhir adalah jembatan kereta api yang lokasinya di perempatan sebelah selatan lapangan rampal, masih dekat dengan stasiun kota baru...

Sudut pandang kamera sedikit berbeda dari foto sebelumnya

No comments:

Post a Comment